STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP PENGINGKATANPENJUALAN DI MATAHARI DEPARTEMENT STORE PLAZA MEDAN FAIR

  • Ardis Mulianita Giawa Universitas Darma Agung
  • Prietsaweny Riris T. Simamora Universitas Darma Agung
  • Shabrina Harumi Pinem Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Matahari Departement Store Plaza Medan Fair dalam upaya meningkatkan penjualan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Matahari Departement Store Plaza Medan Fair menerapkan strategi komunikasi pemasaran terintegrasi, meliputi periklanan melalui media, promosi penjualan seperti diskon dan program loyalitas pelanggan, penjualan personal dengan pelayanan yang baik, serta pemasaran acara berupa event dan festival belanja. Strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan volume penjualan. Implikasi manajerial yang dapat diterapkan adalah perlunya inovasi dan integrasi strategi komunikasi pemasaran, peningkatan kemampuan staf penjualan, serta penggunaan data dan analisis perilaku konsumen untuk merancang komunikasi pemasaran yang lebih tepat sasaran.

Published
Oct 25, 2024
How to Cite
GIAWA, Ardis Mulianita; SIMAMORA, Prietsaweny Riris T.; PINEM, Shabrina Harumi. STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP PENGINGKATANPENJUALAN DI MATAHARI DEPARTEMENT STORE PLAZA MEDAN FAIR. JURNAL SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 155 – 165, oct. 2024. ISSN 2720-9822. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/socialopinion/article/view/4959>. Date accessed: 29 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/socialopinion.v8i2.4959.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)