EVALUASI STRUKTUR BAWAH (ABUTMEN DAN PONDASI ABUTMEN) PADA JEMBATAN MUZOI

  • Kuat Tarik Universitas Darma Agung, Medan
  • Suhardi Limbong Universitas Darma Agung, Medan
  • M. Endayanti Universitas Darma Agung, Medan
  • R. Ginting Universitas Darma Agung, Medan

Abstract

Jembatan adalah suatu konstruksi yang berguna untuk meneruskan jalan melalui suatu rintangan yang berada lebih rendah ( Soemargono dkk, 1995 ). Rintangan yang dimaksud bisa berupa jalan air atau jalan lalu-lintas yang berada dibawahnya. Jembatan juga berperan penting dalam pembangunan ekonomi suatu daerah dengan menyebarkan pusat-pusat ekonomi. Seiring dengan berkembangnya zaman maka pembangunan sarana transportasi seperti jembatan akan meningkat. Struktur rangkan batang lebih dominan menerima gaya aksial tarik atau tekan saja, sedangkan pengaruh lentur sering diabaikan. Supaya rangka batang hanya menerima gaya aksial saja maka beban pada struktur rangka dianggap hanya melalui titik hubungnya saja / joint ( Schodek,1979).Perhitungan Pernulangan Abutmen didapat hasil nya sebagai berikut: Potongan 1 didapat D16 – 100 Tarik D12 – 150, Potongan 2 didapat D16 – 100  Tarik D12 – 150, Potongan 3 didapat D16 – 100 Tarik D12 – 150, dan untuk perhitungan pondasi didapat sebagai berikut Qi = 83,275 Ton (Pondasi Tunggal), Group = 1254,6212 Ton

Published
Aug 20, 2022
How to Cite
TARIK, Kuat et al. EVALUASI STRUKTUR BAWAH (ABUTMEN DAN PONDASI ABUTMEN) PADA JEMBATAN MUZOI. JURNAL ILMIAH TEKNIK SIPIL, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 210 - 216, aug. 2022. ISSN 2721-0073. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/tekniksipil/article/view/2709>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/tekniksipil.v11i2.2709.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)