ANALISIS PONDASI PADA PROYEK UNDER PASS SEI GALANG JALAN TOL MEDAN KUALANAMU-TEBING TINGGI STA 42+600-STA 42+750

  • Abelardo Silitonga Universitas Darma Agung
  • Andrian Simbolon Universitas Darma Agung
  • Masriani Endayanti Universitas Darma Agung
  • Adventus Gultom Universitas Darma Agung

Abstract

Pondasi iyalah struktur bawah bangunan berhubungan langsung dengan tanah, mempunyai fungsi untuk menahan beban bangunan yang ada diatasnya. Ada 2 macam pondasi, yaitu pondasi dangkal dan dalam. Untuk melakukan perencanaan pondasi tiang dapat  digunakan beberapa pendekatan untuk memprediksi daya dukung dari pondasi. Pendekatan tersebut dapat didasarkan pada kondisi tanah serta pembebanan yang ada dengan menggunakan berbagai metode. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung daya dukung tiang pancang berdasarkan information sondir. Dalam penelitian ini Pembangunan jalan tol Medan-Kualanamu – Tebing Tinggi STA 42+600 – STA 42+750. Metode yang digunakan yaitu metode Meyerhofff dan metode Hary Christady. Tiang pancang dalam penelitian  dengan diameter 60 cm. Hasil analisis menunjukkan daya dukung tiang kelompok berdasarkan hasil perhitungan sondir. Hasil dari analisis sondir pada kedalaman 14 m sudah memiliki daya dukung ultimate (Qu) = 2163, 186 ton, menggunakan diameter tiang 0,6 m maka diperlukan sebanyak 28 buah tiang.

Published
Nov 12, 2024
How to Cite
SILITONGA, Abelardo et al. ANALISIS PONDASI PADA PROYEK UNDER PASS SEI GALANG JALAN TOL MEDAN KUALANAMU-TEBING TINGGI STA 42+600-STA 42+750. JURNAL ILMIAH TEKNIK SIPIL, [S.l.], v. 13, n. 2, nov. 2024. ISSN 2721-0073. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/tekniksipil/article/view/4853>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/tekniksipil.v13i2.4853.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>