PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TERHADAP SISWA KELAS 6 UPTD SD NEGERI 122345

  • Martauli Sinaga Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Nurafni Lubis Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Rodearnita Sinaga Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Saniya Sibarani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Meipry Meipry Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Abstract

Penelitian-penelitian terdahulu menemukan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di Indonesia masih belum tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Everyone is a Teacher terhadap hasil belajar siswa kelas 6. Model pembelajaran ini menekankan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran, di mana setiap siswa berperan sebagai "guru" yang mengajarkan materi tertentu kepada teman sekelasnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas 6 dari salah satu sekolah dasar di kota Pematangsiantar yang terdiri dari 22 siswa. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan model Everyone is a Teacher.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran ini. Dapat disimpulkan bahwa model Everyone is a Teacher memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa kelas 6.

Published
Feb 10, 2025
How to Cite
SINAGA, Martauli et al. PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TERHADAP SISWA KELAS 6 UPTD SD NEGERI 122345. Jurnal Teknologi Mesin UDA, [S.l.], v. 2, n. 2, feb. 2025. ISSN 2776-2068. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/teknologimesin/article/view/5504>. Date accessed: 23 feb. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/teknologimesin.v2i2.5504.
Section
Articles