PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS V SD NEGERI 097805 RAMBUNG MERAH

  • Nianta Sry Devina Br Ginting Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Minar T. Lumbantobing Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Aprido Bernando Simamora Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V pada materi pembelajaran kewajiban, tanggung jawab, hak warga masyarakat di SD Negeri 097805 Rambung Merah yang berjumlah 23 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian tes berupa pre-test dan post-test. Dalam penelitian ini diperoleh nilai rata-rata pre-test 58,08, sedangkan pada post-test diperoleh nilai rata-rata 82,43 yang artinya nilai rata-rata post-test lebih tinggi dari pada nilai rata-rata pre-test. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa t_hitung= 15,325 dan t_tabel = 1,717 dengan taraf signifikansi 0,05 maka diperoleh t_(hitung )> t_tabel. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning Terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V SD Negeri 097805 Rambung Merah. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t yang dimana Ha diterima dan H0 ditolak.

Published
Feb 10, 2025
How to Cite
BR GINTING, Nianta Sry Devina; LUMBANTOBING, Minar T.; SIMAMORA, Aprido Bernando. PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS V SD NEGERI 097805 RAMBUNG MERAH. Jurnal Teknologi Mesin UDA, [S.l.], v. 2, n. 2, feb. 2025. ISSN 2776-2068. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/teknologimesin/article/view/5505>. Date accessed: 23 feb. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/teknologimesin.v2i2.5505.
Section
Articles