Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 2 Subtema 1 “ Rukun Dalam Perbedaan” Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 091608 Sinaksak
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik Tema 2 Subtema 1 melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 091608 sinakasak dengan subjek penelitian adalah kelas IV sebanyak 30 siswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu uji statistic deskriptif dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Hal ini dibuktikan dengan terjadinya peningkatan nilai ketuntasan siswa dimana pada nilai rata-rata pre-test yaitu 60,8 dan pada nilai rata-rata post-test yaitu 83,06 maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa dikatakan cukup efektif.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.