PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI UPTD SMP NEGERI 1 PEMATANGSIANTAR

  • Intana Kessya Sihombing Pendidikan Matematika, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Lois Oineke Tambunan Pendidikan Matematika, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Yoel Octobe Purba Pendidikan Matematika, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (Stad) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas Viii Di Uptd Smp Negeri 1 Pematangsiantar. Rancangan penelitian adalah rencana penelitian yang menjelaskan apa yang akan dilakukan oleh peneliti, mulai dari pembuatan hipotesis dan bagaimana pengaruhnya akan terlihat hingga analisis selesai. Penelitian ini merupakan rancangan studi kasus tunggal (one-shot case study), dimana satu kelompok kelas eksperimen dipilih sebagai sampel. Dalam kelompok eksperimen, akan dilakukan pretest dan perlakukan yang diberikan adalah pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa  terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII di UPTD SMP Negeri 1 Pematangsiantar. Pengaruh tersebut ditunjukkan melalui uji-t dimana diperoleh t_hitung>t_tabel=7,658>2,045.

Published
Dec 31, 2024
How to Cite
SIHOMBING, Intana Kessya; TAMBUNAN, Lois Oineke; PURBA, Yoel Octobe. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI UPTD SMP NEGERI 1 PEMATANGSIANTAR. Jurnal Teknologi Mesin UDA, [S.l.], v. 2, n. 2, dec. 2024. ISSN 2776-2068. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/teknologimesin/article/view/5508>. Date accessed: 23 feb. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/teknologimesin.v2i2.5508.
Section
Articles