PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS IV DALAM BERKARYA SENI MOZAIK

  • Putri Wulan Dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Efarina, Indonesia
  • Jubelando O Tambunan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Efarina, Indonesia
  • Agus Junsion Naibaho Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Efarina, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki peran guru dalam proses pembelajaran seni mozaik, termasuk bagaimana guru memotivasi dan memandu peserta didik untuk mengembangkan kemampuan kreativitas mereka. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 102132 Bangun Rejo. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semesetar ganjil tahun 2024/2025. Sampel dalam penelitian ini yaitu guru dan peserta didik kelas IV yang berjumlah 27 peserta didik. Hasil akhir penelitian diketahui bahwa peneliti menyimpulkan bahwa peran guru dalam meningkatkan kemampuan kreativitas seni rupa kelas IV SD Negeri 102132 Bangun Rejo sudah terlaksana dengan baik sesuai yang diharapkan. Hal ini terlihat dari wawancara yang dilakukan bersama guru dan siswa kelas IV, selain itu guru juga membimbing setiap peserta didik dalam melakukan kegiatan seni mozaik, sehingga peserta didik mampu membuat karya seni mozaik sesuai dengan tingkat kreativitas dan imajinasi peserta didik. Dari kegiatan yang telah dilakukan oleh peserta didik khususnya dalam meningkatkan kreativitas seni rupa dengan menggunakan Teknik mozaik banyak hal yang didapatkan oleh peserta didik, bukan hanya perkembangan kreativitas namun juga kemampuan peserta didik dalam berfikir/berimajinasi, kemampuan memecahkan masalah ataupun mengajarkan peserta didik terhadap teknik penempelan dan bahan bahan yang menarik sehingga membuat hasil lebih indah. Mozaik merupakan karya seni rupa yang menciptakan suatu gambar dengan menempelkan atau Menyusun kepingan-kepingan kecil yang berwarna seperti batu,biji-bijian, daun dan kertas. Perkembangan kreativitas peserta didik begitu antusias dalam mendengarkan penjelasan guru, pesera didik juga bebas berekspresi dalam Menyusun kepingan kecil sehingga menghasilkan gambar yang menarik. Kegiatan ini juga mengembangkan bakat seni peserta didik

Published
Feb 17, 2025
How to Cite
DARI, Putri Wulan; TAMBUNAN, Jubelando O; NAIBAHO, Agus Junsion. PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS IV DALAM BERKARYA SENI MOZAIK. Jurnal Teknologi Mesin UDA, [S.l.], v. 2, n. 2, feb. 2025. ISSN 2776-2068. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/teknologimesin/article/view/5545>. Date accessed: 23 feb. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/teknologimesin.v2i2.5545.
Section
Articles