PENGARUH PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN SBDP MELALUI KOLASE PADA SISWA KELAS IV
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap hasil belajar pembelajaran seni budaya dan prakarya melalui kolase pada siswa kelas IV UPTD SDN 124404 Pematangsiantar. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis eksperimen dengan desain pre-experimental bentuk one group pretest post-test. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa UPTD SDN 124404 Pematangsiantar yang berjumlah 132 orang dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 35 orang. Teknik sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Variabel pada penelitian ini yaitu variabel bebas (x) berupa metode demonstrasi dan variabel terikat (y) berupa hasil belajar. Berdasarkan hasil data penelitian pada pretest diperoleh nilai rata-rata 69,02 sedangkan pada post-test diperoleh nilai rata-rata 85,37. Kemudian berdasarkan hasil teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana, maka diperoleh nilai koefisien determinasi (R square) sebesar 0,259 (25,9%), dan hasil nilai korelasi (R) diperoleh sebesar 0,509 termasuk dalam kategori sedang dengan interval koefisien 0,40 – 0,599, jadi terdapat hubungan yang sedang antara variabel bebas (metode demonstrasi) dan variabel terikat (hasil belajar). Nilai koefisien dari persamaan regresi linier sederhana Y’ = 59,909 + 0,369 X, variabel x (metode demonstrasi) 59,909 menunjukkan jika meningkat 1% maka hasil belajar meningkat 0,369 atau 36,9%. Kemudian diperoleh hasil nilai t hitung > t tabel (3,397 > 1, 692), maka Ho ditolak dan Ha diterima, bahwa berarti terdapat pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap hasil belajar pembelajaran seni budaya dan prakarya melalui kolase pada siswa kelas IV UPTD SDN 124404 Pematangsiantar.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.