PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V UPTD SD NAGRI 122353 JL . SESINGAMANGARAJA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Pengaruh Metode Outdoor Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V. Uptd Sd Nagri 122353 Jl . Sesingamangaraja. Jenis penelitian bahwa digunakan pada penelitian ini ialah metode penelitian kuantitatif bersama eksperimen. pada pengambilan sampel, peneliti menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik stratified sampling digunakan apabila jumlah populasi kurang dari 30 orang dengan seluruh populasi dijadikan sampel. Berdasarkan hasil penelitian berupa data bahwa diperoleh boleh disimpulkan bahwa metode pengkajian outdoor boleh meningkatkan hasil belajar IPA pelajar kelas V SD Negeri 122353 bahwa digunakan Jl. . seperti sampel penelitian Sisingamangaraja, dengan hasil bahwa diperoleh yaitu pada saat pre-test hasil belajar menunjukkan rata-rata hasil belajar secara keseluruhan sebesar 49,75%. Sedangkan persentase hasil post-test bahwa berada pada kategori cukup sebanyak 18 pelajar (90%) bersama rata-rata hasil belajar sebesar 82,25. Jadi boleh disimpulkan bahwa hasil belajar pelajar sesudah diberikan perlakuan menggunakan metode pengkajian outdoor learning tergolong maksimal yaitu 32,5 bersama rata-rata hasil belajar sebesar 80%. Berdasarkan uji hipotesis boleh disimpulkan bahwa penggunaan metode outdoor learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, diketahui nilainya t_hitungsebesar 11,73. bersama frekuensi (dk) 20-1 = 19 t_hitungpada taraf signifikansi 5% diperoleh sebesar 1,729 dengan dari hasil tes pelajar diperoleh sebesar = 11,73. Jadi t_hitung> t_tabel= 11,73 > 1,729 bahwa berarti H_oditolak dengan H_aditerima bahwa berarti terdapat pengaruh metode pengkajian terhadap hasil belajar IPA . Jadi boleh disimpulkan terdapat pengaruh metode outdoor learning terhadap hasil belajar IPA pelajar kelas V di UPTD SD Negeri 122353 Jl. Sesingamangaraja.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.