PENGARUH CELAH KATUP TERHADAP DAYA MESIN PADA MOBIL TOYOTA KIJANG INOVA
Abstract
Pada motor diesel, temperature udara tekan didalam silinder yang tinggi menyebabkan bahan bakar menyala.Dengan piston udara dihisap masuk kedalam silinder mesin pada langkah hisap, kemudian dimanfaatkan hingga mencapai tekanan dan temperature yang tinggi pada langkah kompresi.Pada akhir langkah kompresi, beberapa derajat sebelum titik mati atas bahan bakar diinjeksikan kedalam udara tekan tersebut.Selama penginjeksian, katup-katup harus menutup rapat sehingga terjadi pembakaran yang sempurna didalam ruang bakar. Untuk mencegah hal ini perlu dilakukan penyetelan celah katup, penyetelan celah katup ini harus disesuaikan dengan standar yang ditentukan, dengan demikian membuka dan menutupnya katup akan menghasilkan penyalaan yang merata di dalam ruang bakar. Untuk mendapatkan daya yang optimal dan performa mesin yang bagus maka celah katup yang tepat adalah : 0,20 mm katup masuk (in) dan 0,25 mm katup buang (ex)