STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUKSI DAN PEMASARAN TANAMAN HIAS (UB.ENDAHFLOWER)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) teknik produksi tanaman hias di UB.Endah Flower, (2) besar pendapatan tanaman hias UB.Endah Flower, (3) faktor internal dan eksternal dalam strategi pemasaran UB.Endah Flower, (4) alternatif strategi dalam pemasaran tanaman hias UB.Endah Flower. Lokasi Penelitian ini dilakukan di usaha tanaman hias UB.Endah Flower, Jl.Medan Tanjung Morawa KM 13.5. Penentuan lokasi ini adalah secara purposive atau sengaja, karena lokasi tersebut sangat mudah dijangkau dan memiliki peluang baik untuk mengembangkan usaha tanaman hias. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif. Penentuan sampel menggunakan metode System Random Sampling yaitu dengan sampel 10 orang. Metode analisis data menggunakan uji kriteria teknik perbanyakan tanaman hias, pendapatan usaha tanaman hias, analisis SWOT dan analisis alternatif startegi. Hasil penelitian menunjukan adanya bahwa teknik perbanyakan tanaman hias yaitu teknik secara generatif dan vegetatif. Pendapatan dari penerimaan pejualan tanaman hias dari tahun 2017-2019 menunjukan peningkatan yang baik, sehingga memberikan peluang yang baik bagi usaha tanaman hias. Faktor internal meliputi kekuatan yang berupa jenis-jenis tanaman hias bervariasi, kelemahan biaya produksi yang tinggi, sedangkan faktor eksternal meliputi peluang berupa pemasaran langsung, dan ancaman berupa serangan hama dan penyakit, dua faktor ini sangat mempengaruhi pengembangan produksi dan pemasaran tanaman hias UB.Endah Flower.