HUBUNGAN PEMBELAJARAN E- LEARNING DIMASA PANDEMI COVID-19 DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI PPKn FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS DARMA AGUNG MEDAN T.A 2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara pembelajaran E-LEARNING dimasa pandemi covid-19 dengan hasil belajar mahasiswa prodi PPKN Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Darma Agung Medan T.A 2021. Jenis penelitian ini adalah kualitatif korelasional. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa prodi PPKn Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Darma Agung Medan T.A 2021 yang berjumlah 18 orang dan jumlah sampel adalah jumlah keseluruhan populasi atau yang disebut sampel total. Instrumen penelitian ini adalah angket yang berjumlah 15 butir dan hasil belajar mahasiswa sebanyak 15 butir yag terdiri dari 5 pilihan jawaban), yang Sebelumnya telah terlebih dahulu di uji validitas, reliabilitas dan dokumentasi. Hasil uji persyaratan analisis normalitas data pembelajaran E-LEARNING (X) mahasiswa prodi PPKN Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Darma Agung Medan T.A 2021 berdistribusi normal dengan hasil X2 hitung < X2tabel ( 40,93 <28,86) . Data hasil hasil belajar mahasiswa (Y) berdistribusi normal dengan hasil X2 hitung < X2tabel (99,38 <28,86). Hasil uji linieritas pembelajaran E-LEARNING dengan hasil belajar prodi PPKN Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Darma Agung Medan T.A 2021 adalah linier, dengan persamaan Y= = 89746,72+ 5,82 X dikonsultasikan dengan Fhitung > Ftabel (16>4,49). Hasil uji kecenderungan pemebelajaran E-LEARNING kurang baik sebanyak 1 orang (5,55%), cukup 10 orang (55,5%),baik 5 orang (27,77%), sangat baik 2 orang (11,11%).. Untuk mengetahui ada hubungan signifikansi pembelajaran E-LEARNING dengan hasil belajar mahasiswa (3,094>1,842). Hal ini menunjukkan ada hubungan pembelajaran E-LEARNING dimasa pandemi covid-19 dengan hasil belajar mahasiswa prodi PPKn Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Darma Agung Medan T.A 2021.