PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DENGAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN DI SKELAS IX SMP NEGERI 21 MEDAN TAHUN 2023
Abstract
Penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi yang signifikan antara Pemanfaatan Media Sosial dengan Kreativitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pkn Siswa Kelas IX SMP Negeri 21 Medan Tahun 2023. Jenis penelitian yang di gunakan adalah deskriptif korelasi. Dalam pengambilang sampel digunakan tabel krejie yang di dasarkan atas kesalahan mempunyai kepercayaan 95% terhadap populasi sehingga jumlah sampel yang di perlukan yaitu 68 siswa. Angket digunakan sebagai instrumen penelitian yang terdiri dari 27 item yang memiliki 4 pilihan (a,b,c,d) yang sebelumnya telah di uji validitasi dan reabilitasnya. Hasil uji persyaratan data pemanfaatan media sosial berdistribusi normal dengan perhitungan X2h < X2t = 1.821 < 88.25016. Data normalitas kreativitas belajar siswa berdistribusi normal dengan hasil perhitungan X2h < X2t = 0.48 < 88.25016. Hasil uji linearitas data pemanfaatan media sosial dengan kreativitas belajar siswa adalah linear dengan persamaan Y = 4,58 + 5,40 (68) = 67,86 di konsultasikan dengan Fh > Ft (18,17 > 2,744). Uji kecenderungan Pemanfaatan Media Sosial di Siswa Kelas X SMP Negeri 21 Medan cenderung rendah (38,22%) dan kreativitas belajar siswa di Siswa Kelas X SMP Negeri 21 Medan cenderung cukup (33,81%). Hasil uji korelasi Product Moment yang di peroleh thitung>ttabel (10,402>1.668). Maka ada korelasi antara Pemanfaatan Media Sosial dengan Kreativitas Belajar Siswa pada mata pelajaran PKN siswa kelas IX di SMP Negeri 21 Medan, tahun 2023. Untuk menguji taraf signifikan X dan Y digunakan rumus Product Moment maka di peroleh peroleh thitung>ttabel (10,402>1.668). Berdasarkan data sebelumnya diperoleh kesimpulan bahwa ada korelasi yang signifikan antara Pemanfaatan Media Sosial dengan Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Siswa Kelas IX di SMP Negeri 21 Medan, tahun 2023.