EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN LITERASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PPKn SMP NEGERI 21 MEDAN T.A 2023/2024
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran literasi dalam meningkatkan minat baca peserta didik SMP N 21 Medan. Jenis penelitian ini adalah Fenomenologi. Sampel penelitian dilakukan secara acak atau cluster sampel yaitu Kepala Sekolah, dan Peserta Didik Kelas kelas IX1. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini terdiri atas : Observasi yang diberikan berupa angket pada peserta didik, wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis digunakan model Mielies dan Huberman yaitu 3 langkah: Kondensasi data, penyajian data dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh: (1) Kondensasi Data: data profil SMP N 21 Medan akreditasi A, berada di Simalingkar B Medan Tuntungan. Sekolah ini berdiri sejak tanggal 11 Agustus 1983 dengan SK Pendirian Sekolah I.7317/B2/WILSU/83. (2) Penyajian Data (Display Data: hasil persentase angket observasi jumlah mahasiswa dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran literasi mampu meningkatkan minat baca perserta didik pada materi PPKn. Sedangkan dari hasil wawancara kepada kepala sekolah dan siswa menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran literasi membantu guru untuk mempermudah menghafal materi pancasila dan kewarganegaraan. Hal ini juga menunjukkan pembelajaran mampu meningkatkan minat baca peserta didik pada materi PPKn. (3) Kesimpulan: Terdapat efek efektivitas dalam pembelajaran literasi pada peningkatan minat membaca sisiwa SMP N 21 Medan dan besarnya diperoleh dari hasil angket sebanyak 11 pernyataan positif adalah 83,86% senang mengikuti pembelajaran tersebut.