HUBUNGAN HASIL BELAJAR PKn DENGAN ETIKA BERMEDIA SOSIAL SISWA KELAS XI MS 2 SEMESTER GANJIL SMA NEGERI 20 MEDAN TAHUN 2022
Abstract
Tujuan penelitian ini agar mengetahui hubunga signifikan antara Hasil Belajar PKn Dengan Etika Bermedia Sosial Siswa Kelas Xi Ms 2 Semester Ganjil SMA Negeri 20 Medan Tahun 2022. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif korelasional. Yang menjadi Populasi dalam
penelitian ini adalah Siswa Kelas XI Ms 2 SMA Negeri 20 Medan yang berjumlah 33 orang. Karena jumlah populasi tertentu, maka segenap populasi dijadikan sampel atau sampel total. Alat penumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner untuk Etika Bermedia Sosial Siswa berjumlah 14 pernyataan terdiri dari 4 option yang terlebih dahulu telah di uji cobakan untuk mengetahui validitas dan reabilitas dan daftar kumpulan nilai untuk hasil belajar PKn Siswa. Hasil dari uji normalitas data Hasil Belajar PKn (X) berdistribusi normal < (0,13 < 0,15). Etika Bermedia Sosial Siswa Kelas XI Ms 2 Semester Ganjil SMA Negeri 20 Medan T.A 2022 (Y) berdistribusi normal diperoleh < (0,14 < 0,15). Berdasarkan hasil uji linearitas data Hasil Belajar PKn dengan Etika Bermedia Sosial Siswa Kelas XI Ms 2 SMA Negeri 20 Medan Tahun 2022 ialah linear dengan persamaan Y = 38,3 + 0,34 X dikonsultasikan dengan , maka diperoleh > (31 > 4,16). Hasil uji kecendrungan Hasil Belajar PKn siswa (X) dikategorikan sedang (57,5%). Hasil uji kecendrungan Etika Bermedia Sosial Siswa (Y) dikategorikan tinggi (36%). Berdasarkan hasil uji korelasi X dan Y diperoleh = 1,213 dikonsultasikan dengan pada taraf kepercayaan 95% dengan N = 33 diperoleh = 0,344. Karena > (1,213 > 0,344) hal ini membuktikan ada hubungan antara kedua variabel tersebut. Untuk menguji signifikan hubungan kedua variabel tersebut maka diteruskan dengan uji t. hasil uji t diterima = 9,926 dan = 1,692. Karena > (9,926 > 1,692). Hal ini memastikan ada hubungan yang signifikan antara Hasil Belajar PKn dengan Etika Bermedia Sosial Siswa Semester Ganjil SMA Negeri 20 Medan Tahun 2022.