HUBUNGAN KARAKTER SISWA DI ERA MILENIAL DENGAN HASIL BELAJAR PAK SISWA SMA SWASTA HARVARD MARTUBUNG MEDAN TAHUN 2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara Karakter Siswa Di Era Milenial Dengan Hasil Belajar PAK Siswa SMA Swasta Harvard Martubun g Medan Tahun 2022 Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa SMA Swasta Harvard Martubung Medan Tahun 2022 yang berjumlah 30 orang. Sampel sebanyak 30 orang dengan teknik sampel total artinya seluruh populasi menjadi. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan angket. Angket terdiri dari 21 item dan masing-masing memiliki 4 option (a,b,c,d) yang sebelumnya telah diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya. Hasil uji persyaratan normalitas data Karakter Siswa di Era Millenial berdistribusi normal dengan hasil perhitungan X2hitung< X2tabel (9,88 < 43,77) dan Hasil Belajar PAK berdistribusi normal dengan hasil perhitungan X2hitung< X2tabel (37,15 < 43,77). Hasil uji linieritas data pemanfaatan internet dengan Hasil Belajar PAK adalah linier dengan persamaan Y= 22,87+0,69 adalah linier. Hasil uji kecenderungan Karakter Siswa di Era Millenial adalah kategori baik sekali (26%) dan Hasil Belajar PAK Siswa SMA Swasta Harvard Martubung Medan Tahun 2022 cederung Cukup Baik (30%). Hasil uji hipotesis digunakan rumus product moment diperoleh rhitung > rtabel (24,50 > 0,36 ). Hal ini menunjukkan ada hubungan Karakter Siswa Di Era Milenial Dengan Hasil Belajar PAK Siswa SMA Swasta Harvard Martubung Medan Tahun 2022 . Selanjutnya dilakukan uji statistic ( uji t) diperoleh thitung > ttabel (5,29 >1,69) hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Karakter Siswa Di Era Milenial Dengan Hasil Belajar PAK Siswa SMA Swasta Harvard Martubung Medan Tahun 2022 Dengan demikian hipotesa dapat diterima kebenarannya.