HUBUNGAN PENDIDIKAN DALAM LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN KARAKTER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuihubungan yang signifikan antaraPendidikan Dalam Lingkungan Keluarga dengan Karakter SiswaSMA Hang Tuah Belawan Kecamatan Medan Belawan T.P 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswaSMA Hang Tuah Belawan sebanyak 705 siswa, Sampel dalam penelitian ini sebanyak 195 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan tabel Issac dan Michael. Alat pengumpulan data menggunakan angket, untuk Pendidikan Dalam Lingkungan Keluarga berjumlah 19 item, dan Karakter Siswa 17 item yang terdiri atas 4 option yang sudah terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil uji normalitas data Pendidikan Dalam Lingkungan Keluarga (X)SMA Hang Tuah Belawan Kecamatan Medan Belawan T.P 2019/2020 berdistribusi normal dengan hasil Xh2< Xt2(15,04< 228,57). Data Karakter Siswa (Y) SMA Hang Tuah Belawan Kecamatan Medan Belawan T.P 2019/2020 berdistribusi normal dengan hasil Xh2 < Xt2 (23,70< 228,57). Hasil uji linearitas data Pendidikan Dalam Lingkungan Keluarga dengan Karakter Siswa SMA Hang Tuah Belawan Kecamatan Medan Belawan T.P 2019/2020 adalah linear dengan persamaan Y = 53,458 + 0,888X dikonsultasikandengan Fh>Ft(193,01> 3,89).Hasil uji kecenderungan Pendidikan Dalam Lingkungan Keluarga (X) dikategorikan sedang(26,15%), Hasil uji kecenderungan Karakter Siswa (Y) dikategorikan sedang (23,07%). Berdasarkan hasil analisis koefisien korelasi X dan Y di peroleh rhitung = 0,972rtabel= 0,140(0,972>0,140). Hal ini menunjukkan ada hubungan antara Pendidikan Dalam Lingkungan Keluarga dengan Karakter siswa SMA Hang Tuah Belawan Kecamatan Medan Belawan T.P 2019/2020, dengan menggunakan uji “t” diperoleh thitung=57,75dan ttabel= 1,652(thitung>ttabel). Hal ini menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara Pendidikan Dalam Lingkungan Keluarga dengan Karakter siswaSMA Hang Tuah Belawan Kecamatan Medan Belawan T.P 2019/2020