HUBUNGAN SISTEM PEMBELAJARAN DARING DENGAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP N 26 MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara sistem pembelajaran daring dengan minat belajar siswa SMP N 26 Medan T.A 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional, Populasi dalam penilitan ini adalah Seluruh Siswa Kelas VIII SMP N 26 Medan Semester Ganjil T.A 2021/2022 berjumlah 39 orang sedangkan Sampel dalam penelitian ini berjumlah 39 orang dengan teknik pengambilan menggunakan sampel total. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket yang terdiri dari 28 item Sistem pembelajaran daring yang valid 14 item sedangkan untuk Minat belajar PKn yang valid 14 item, dengan 4 option sebelum angket digunakan diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil uji persyaratan analisis data Sistem pembelajaran daring Siswa Kelas VIII SMP N 26 Medan Semester Ganjil T.A 2021/2022 berdistribusi normal dengan perhitungan x2hitung < x2tabel (33,06 < 54,57). Data normalitas Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 26 Medan Semester Ganjil T.A 2021/2022 berdistribusi normal dengan hasil perhitungan x2h < x2t (29,361 < 54,57). Hasil uji linearitas data Sistem pembelajaran daring dengan minat belajar siswa adalah linear dengan persamaan Y= 10,24 +0,827 dikonsultasikan dengan Ftabel diperoleh Fh>Ft (54,57>0,355). Uji kecenderungan sistem pembelajaran daring Siswa Kelas VIII SMP N 26 Medan Semester Ganjil T.A 2021/2022 cenderung sedang (41%) dan minat belajar PKn Siswa Kelas VIII SMP N 26 Medan Semester Ganjil T.A 2021/2022 cenderung Sedang( 38,4%). Hasil Uji korelasi product moment yang diperoleh rtabel= 0,308 .rhitung =1,956 dan rhitung > rtabel (1,956 > 0,308). Hal ini menunjukan ada hubungan antara sistem pembelajaran daring dengan minat belajar Siswa Kelas VIII SMP N 26 Medan Semester Ganjil T.A 2021/2022. Untuk menguji taraf signifikan kedua variabel tersebut dilakukan dengan uji “t” diperoleh thitung 13,008 ttabel 1,684 th > tt ( 13,008 > 1,684). Maka hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara Sistem pembelajaran daring dengan minat belajar PKn Siswa Kelas VIII SMP N 26 Medan Semester Ganjil T.A 2021/2022.