STRATEGI PENGELOLAAN PRODUK WISATA KULINER DI PUJASERA MERDEKA WALK MEDAN
Abstract
Sektor wisata merupakan salah satu sektor potensial yang memiliki efek multi-plier ekonomi yang cukup besar. industri kuliner adalah komponen utama dalam industri pariwisata dan pengalaman kuliner memberikan pengalaman penting bagi wisatawan. Menurut observasi, terdapat 30 lebih warung atau tempat makan yang ada di Merdeka Walk Medan. tahun 2020 tingkat persentase penurunan pengunjung mencapai 60% dibandingkan tahun 2019. Tujuan penelitian untuk menganalisis strategi pengelolaan produk wisata kuliner di Pujasera Merdeka Walk Medan. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling sebanyak 100 orang pengunjung Pujasera Merdeka Walk Medan. Informan dalam penelitian ini 12 orang, terdiri dari 5 pengunjung, 5 pedagang dan 2 pengelola Pujasera. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif, keabsahan data menggunakan triangulasi data dan analisa SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran pengelola Pujasera Merdeka Walk Medan masih kurang. Program inovasi pengembangan produk tidak berjalan, kegiatan promosi dan pemasaran masih kurang, sarana prasarana sudah baik namun masih perlu penambahan prasarana dan tidak dilaksanakan pelatihan dan pembinaan pedagang terkait pengelolaan produk wisata kuliner. Kesimpulan penelitian adalah strategi yang dilakukan pelanggan untuk menarik pengunjung lebih banyak lagi dengan menjaga mutu produk yang disajikan dan melakukan promosi untuk produknya.