STRATEGI PENGEMBANGAN PEMASARAN IKAN NILA PADA USAHA DAGANG KERAMBA TAO DI KOTA MEDAN PROVINSI SUMATERA

  • Seri Masnita Br. Tarigan Universitas Darma Agung
  • Matius Bangun Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Strategi pengembangan pemasaran dengan mengkaji peran pemerintah dan saluran pemasaran yang dilakukan. Untuk analisis data menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa saluran atau mata rantai pemasaran Ikan Nila Pada Usaha Dagang Keramba Tao terdiri dari Empat saluran pemasaran yang pertama UD Keramba Tao ke Pedagang antar daerah (Agen) ke Pengecer ke Konsumen. kedua UD Keramba Tao ke Pedagang Pengecer ke Konsumen, ketiga UD. Keramba Tao ke Langganan (Rumah Makan, Chatering, Café / Hotel), ke empat UD. Keramba Tao ke Konsumen akhir. B/C rata rata dari UD. Keramba Tao tersebut adalah 1.75 artinya setiap satu satuan yang di keluarkan untuk pemasaran ikan nila akan di peroleh Keuntungan sebesar 1.75 satuan. B/C ratio terbesar terdapat pada Saluran Ke empat dengan nilai B/C ratio sama dengan 2,9 yaitu UD Keramba Tao ke Konsumen akhir, sedangkan nilai B/C ratio terkecil adalah 1,25 terdapat pada Saluran Pemasaran pertama yaitu dari UD. Keramba Tao ke pedagang besar ke pengecer dan ke konsumen langsung). Strategi Kebijakan Pengembangan usaha pada UD Keramba Tao adalah Strategi Agresif (kwuadran – I) dengan memanfaatkan peluang seperti Tersedia dukungan dana berupa kredit murah, Pasar yang terbuka luas di Padang Bulan Medan. Dengan menggunakan kekuatan yang ada seperti adanya Aspek Legalitas berupa Usaha Dagang oleh UD. Keramba Tao; Terjalinnya kerjasama dengan mitra usaha; dan Sumbedaya manusia (tenaga kerja) yang mencukupi. Kontinuitas ikan yang terjamin ketersediaanya.

Published
Nov 21, 2024
How to Cite
TARIGAN, Seri Masnita Br.; BANGUN, Matius. STRATEGI PENGEMBANGAN PEMASARAN IKAN NILA PADA USAHA DAGANG KERAMBA TAO DI KOTA MEDAN PROVINSI SUMATERA. JURNAL CREATIVE AGUNG, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 250 - 259, nov. 2024. ISSN 2301-6175. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/creativeagung/article/view/4939>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/creativeagung.v14i2.4939.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>