GAMBARAN KEPUASAN KELUARGA PASIEN TENTANG MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG ICU RSIA STELLA MARIS MEDAN

  • Ester Mei Frida Universitas Darma Agung
  • Pretty L. Tampubolon Universitas Darma Agung
  • Lastiur Apriani Sinaga Universitas Darma Agung

Abstract

Ada beberapa indikator dalam memberikan penilaian terhadap keberhasilan pelayanan kesehatan di suatu rumah sakit, salah satunya yaitu dengan melihat nilai tingkat kepuasan yang diberikan oleh pasien maupun keluarga.Sebagai pihak yang menerima jasa pelayanan kesehatan tingkat kepuasan yang dialami baik oleh pasien maupun keluarga dapat dijadikan penilaian terhadap baik buruknya pelayanan dari suatu rumah sakit.Hal tersebut dapat menjadi tolak ukur bagi perbaikan pelayanan.Apabila pasien dan keluarga mengungkapkan kepuasan terhadap pelayanan yang diberikan rumah sakit, maka pelayanan rumah sakit tersebut dapat dikatakan baik, demikian juga sebaliknya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah tingkat kepuasan yang dialami keluarga pasien terhadap kualitas pelayanan keperawatan di ruang ICU RSIA Stella Maris Medan tahun 2020. Jenis penelitian ini adalah deskriptif.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh keluarga pasien di ruangan ICU RSIA Stella Maris Medan rata-rata setiap bulannya berjumlah 30 orang. Sampel dalam penelitian sebanyak 30 orang, dengan menggunakan teknik total samplingPengumpulan data dengan teknik accidental sampling. Hasil penelitian ditemukan bahwakeluarga pasien mayoritas merasa puas terhadap pelayanan keperawatan yang diberikan yaitu  sebanyak 26 orang dengan persentase 86.7%. Disarankan kepada perawat di Ruang ICU RSIA Stella Maris Medan agar mempertahankan kualitasdari pelayanan keperawatan dan bahkan lebih meningkatkan pelayanannya.Kepada pihak Rumah Sakit diharapkan dapat memperhatikan hal-hal apa saja yang mempengaruhimutu, baik hal yang perlu dipertahankan ataupun yang harus dilakukan perbaikan sehingga dalam memberikan pelayanan tetap profesional

Published
Apr 30, 2022
How to Cite
FRIDA, Ester Mei; TAMPUBOLON, Pretty L.; SINAGA, Lastiur Apriani. GAMBARAN KEPUASAN KELUARGA PASIEN TENTANG MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG ICU RSIA STELLA MARIS MEDAN. JURNAL DARMA AGUNG HUSADA, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 7-13, apr. 2022. ISSN 2656-7350. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/darmaagunghusada/article/view/1474>. Date accessed: 05 nov. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)