HUBUNGAN PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM HERNA MEDAN
Abstract
Pelayanan BPJS di rumah sakit saat ini dinilai masih belum sesuai dengan apa yang diharapkan, terkait dengan pelayanan menggunakan jasa BPJS. Pelayanan yang diberikan belum maksimal, dimana banyaknya masyarakat yang mengeluh dengan pelayanan yang didapatkannya serta fasilitas yang diterima selama menggunakan jasa pelayanan BPJS tidak sesuai yang diharapkan dengan kenyataan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien BPJS rawat inap di Rumah Sakit Umum Herna Medan. Jenis penelitian adalah deskriptif korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien BPJS rawat inap mulai bulan Januari sampai Juni tahun 2019, rata-rata perbulan sebanyak 150 orang. Sampel penelitian ini menggunakan rumus Slovin sebanyak 60 orang, dengan menggunakan teknik accidental sampling. Analisis data menggunakan uji chi square dengan α<0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan keperawatan kurang baik dan kepuasan pasien kurang puas, hasil uji statistik didapatkan nilai p value=0,000 (p<0,05) yang berarti ada hubungan pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien BPJS rawat inap di Rumah Sakit Umum Herna Medan. Pelayanan keperawatan kurang baik akan memberikan ketidakpuasan kepada pasien. Diharapkan agar perawat meningkatkan pelayanan keperawatan dalam ketanggapan komunikasi dan perilaku caring untuk memberikan pelayanan keperawatan yang bermanfaat serta berkualitas, bagi rumah sakit agar meningkatkan pelayanan keperawatan melalui seminar dan pelatihan. Pasien diharapkan juga mengikuti prosedur yang ditetapkan BPJS serta mengisi kotak saran yang telah disediakan apabila ada kekurangan yang dievaluasi guna meningkatkan pelayanan keperawatan di Rumah Sakit Umum Herna Medan.