PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN BUDAYAORGANISASITERHADAP KUALITAS LAYANAN PADA KANTOR CAMAT MEREK KABUPATEN KARO
Abstract
Ada banyakfaktor yang mempengaruhikualitaspelayanan,diantaranyakomitmenorganisasi dan budayaorganisasi. Penelitianinidilakukandenganpendekatankuantitatif, dimanajumlahpopulasisebanyak 22 responden. Sebelumkuesionerdisebarkan pada responden, terlebihdahuludilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data dalampenelitianinimenggunakananalisisregresi linier berganda, dan pengujianhipotesisdilakukandengan uji t, uji F dan uji R2. Persamaanregresi linier berganda yang diperoleh dalam penelitianiniadalahY = -0,812+ 1,693 X₁ + 0,711 X₂. Berdasarkanpengujianhipotesis yang dilakukan, diperolehbahwa : (1) Komitmenorganisasiberpengaruhpositif dan signifikanterhadapkualitaslayanan, dibuktikandengannilai t hitung (7,121) >nilai t tabel (2,085) dan nilaisignifikansi (0,000) < 0,05; (2) Budayaorganisasiberpengaruhpositif dan signifikanterhadapkualitaslayanan, dibuktikandengannilai t hitung (6,829) >nilai t tabel (2,085) dan nilaisignifikansi (0,000) < 0,05; (3) Komitmenorganisasi dan Budayaorganisasisecarabersama-samaberpengaruhpositif dan signifikanterhadapkualitaslayanan, dibuktikandengannilai F hitung (340,418) >nilai F tabel (3,49) dan nilaisignifikansi (0,000) < 0,05. Kontribusikomitmenorganisasi dan budayaorganisasiuntukmenjelaskankualitaslayananadalahsebesar 97,3%, sedangkansisanyasebesar 2,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidakditelitidalampenelitianini.