PENGARUH IKLAN DAN PROMOSI PENJUALAN SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS DARMA AGUNG MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh iklan dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian e- commerce shopee pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Darma Agung Medan. Dalam penelitian ini terdapat 2 variabel independen, yaitu Iklan dan Promosi Penjualan dan 1 variabel dependen, yaitu Keputusan Pembelian. Data primer merupakan sumber yang digunakan dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 620 orang mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Darma Agung Medan dengan sampel 86 responden dengan rumus Solvin. Penguji menggunakan metode analisis regresi linear berganda dimana Y= 4,217+0,483X1+0,279X2+e dan Uji t dimana nilai terhitung 3,815>ttabel 1,98 dan sig 0,000<0,05 menunjukan bahwa iklan dan promosi penjualan berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian E- commerce Shopee. Hal ini menunjukkan bahwa variabel iklan dan promosi penjualan berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian e- commerce shopee sebagai subjek penelitian. Bersadarkan pengujian determinasi ( ) diketahui bahwa nilai Adjusted R square sebesar 0,384 berarti hubungan iklan dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian sebesar 38,4%. Artinya memiliki hubungan yang tidak terlalu kuat. Sedangkan sisanya 61,6% dijelasakan oleh pengaruh lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.