PENGARUH CITRA INSTITUSI TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH AKADEMI PARIWISATA DAN PERHOTELANDARMA AGUNG MEDAN
Abstract
Citra Institusi merupakan sejumlah kepercayaan, dan kesan yang terbentuk dibenak masyarakat tentang perusahaan/institusi, dimana citra institusi yang baik akan memberikan dampak yang baik bagi kemajuan perusahaan/institusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Citra Institusi Terhadap Keputusan Memilih Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung Medan. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 108 orang yang terdiri dari Mahasiswa/mahasisiswi angkatan 2018-2020 Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan cara menyebarkan link kuesioner secara online. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dengan menggunakan bantuan program SPSS 22. Bentuk persamaan dari analisis ini adalah Y= a+bX+e, setelah data dianalisis dengan bantuan SPSS, persamaan regresi yang yang diperoleh yaitu Y= 15,357 + 0,322 X, dengan nilai koefisien determinasi (R2)adalah 0,793 yang artinya bahwa kontribusi yang diberikan Citra Intitusi terhadap Keputusan Memilih Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung Medan adalah sebesar 79,3%. Berdasarkan hasil uji statistik (Uji t) diperoleh nilai t hitung > t tabel (3,275 > 1,659) dengan tingkat signifikasi 0,001 < 0.05 yang artinya dapat disimpulkan bahwa Citra Institusi berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Memilih Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung Medan. Bagi pihak Akademi Pariwisata dan Perhotelan Medan disarankan agar tetap mempertahankan citra institusinya saat ini dan terus melakukan inovasi dan peningkatan untuk tetap menghasilkan citra yang baik dalam masyarakat.