PENGARUH BAURAN PROMOSI DAN MEREK PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN PEMBELI PADA PT. ALFA SCORPII MEDAN
Abstract
Penelitian ini adalah bertujuan untuk menambah wawasan mengenai Promosi dan Merek dalam meningkatkan Kepuasan Pembeli pada PT. Alfa Scropii Medan. Penelitian ini menggunakan data primer populasi dalam penelitian ini sebanyak 300 orang pembeli dengan sampel 75 responden dengan rumus Slovin. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis kuantitatif yaitu meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear sederhana, pengujian hipotesis melalui uji-t dan uji koefisien determinasi (R2). Variabel Bauran Promosi E_Prmsi dengan t hitung sebesar (-)1,824 dengan signifikansi 0,072 > 0,05 dan t tabel 1.99346. Jadi t hitung < t tabel, bahwa variabel Bauran Promosi blom memiliki kontribusi terhadap Kepuasan Pembeli. Nilai t negatif menunjukkan variabel Bauran Promosi mempunyai hubungan yang tidak searah dengan Kepuasan Pembeli. Hasil uji parsial t menunjukkan bahwa Merek Perusahaan memiliki signifikansi 0,00 < 0,05 sehingga dsimpulkan merek perusahaan memilki kontribusi secara parsial berpengaruh terhadap Kepuasaan Pembeli, hipotesis penelitian H1 diterima. Hasil uji determinasi pada kolom R Square sebesar 0.495, karena kita menggunakan 2 arah regresi berganda. Dengan demikian Pengaruh Bauran Promosi dan Merek Perusahaan terhadap Kepuasan Pembeli yaitu sebesar 49,5 % sedangkan sisanya 50,5 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam variabel penelitian. Disarankan kepada kepala cabang PT. ALFA SCORPII Medan melakukan Bauran Promosi secara ekonomis, efisein dan efektif serta penyampaian iklan yang disampaikan menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, ataupun media cetak koran.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.