HUBUNGAN TANGGUNGJAWAB ORANGTUA DENGAN HASIL BELAJAR PAK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI GUNUNG MERIAH TAHUN 2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tanggungjawab orangtua dengan hasil belajar PAK siswa kelas VIII SMP Negeri Gunung Meriah tahun 2018. Jenis penelitian ini adalah pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri Gunung Meriah yang berjumlah 20 orang siswa yang beragama kristen. Untuk mengumpulkan data penelitian digunakan pengumpulan angket untuk mengukur variabel (X) Pola Asuh Orangtua dengan variabel (Y) Pembentukan Karakter Siswa yang berjumlah 18 item tiap variabel yang terlebih dahulu dilakukan uji coba untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Pada hasil penelitian yang telah dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri Gunung Meriah dengan jumlah angket pada variabel X 20 item dan Y 20 item, maka dari itu hasil uji normalitas dan linieritas diperoleh data Pola Asuh Orangtua denganPembentukan Karakter Siswa kelas VIII SMP Negeri Gunung Meriah Tahun 2018 berdistribusi normal dan linier. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai koefisien korelasi adalah rhitung = 0,542dengan mengkonsultasikan terhadap nilai rtabel pada tarap kepercayaan 95% diperoleh rtabel = 0,444dengan jumlah responden 20 orang, maka harga rhitung>rtabel (0,542> 0, 444). Maka hal ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara pola asuh orangtua dengan pembentukan karakter siswa. Oleh karena itu, orangtua harus benar-benar memperhatikan pola pengasuhan mereka terhadap anak dengan memberi teladan dan kasih sayang yang sebaik-baiknya bagi anak, sehingga anak dapat tumbuh menjadi siswa yang berkarakter baik pula