HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS DENGAN MOTIVASI BELAJAR PKn SISWA KELAS X SMA NASRANI 3 MEDAN TAHUN 2017

  • Manahan Manullang, S.Pd,.M.M Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara pengelolaan kelas dengan  motivasi belajar PKn siswa kelas X tahun 2017. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X SMA Nasrani 3 Medan tahun 2017. Yang terdiri, dari 2 kelas dengan jumlah siswa 40 orang, dan sampel penelitian seluruh dari jumlah populasi penelitian yaitu 40 orang, Instrument dalam penelitian ini adalah angket sebanyak 40 item dengan empat pilihan (a,b,c,d). Yang terlebih dahulu telah diujicobakan menentukan validitas dan reabilitas angket. Hasil persyaratan uji normalitas data pengelolaan kelas pada taraf signifikan 5% diperoleh X² hitung < X² tabel ( 10,03 < 55,765 ) dan motivasi belajar PKn siswa kelas X SMA Nasrani 3 Medan  Tahun 2017 diperoleh X² hitung < X² tabel ( 7,813< 55,76), maka dapat disimpulkan bahwa data kedua variabel penelitian berdistribusi normal. Hasil uji persyaratan linieritas data Pengelolaan Kelas dan Motivasi belajar  PKn siswa kelas X SMA Nasrani 3 Medan Tahun 2017 adalah linier, dengan persamaan Y =  10,48 + 0,78 x dikonsultasikan dengan Fhitung, maka Fhitung > Ftabel (27,40> 4,20 Hasil uji kecenderungan Pengelolaan kelas siswa dikategorikan Sedang 15 orang (37,5%) dan Motivasi belajar PKn siswa di ketegorikan Sedang (25%) kelas X SMA Nasrani 3 Medan tahun 2017.Dari hasil uji korelasi diperoleh rhitung = 0,380 dan rtabel =  0.313 Karna rhitung > rtabel (0,380 > 0,313), maka ini menunjukkan ada hubungan pengelolaan kelas dengan  motivasi belajar PKn siswa kelas X SMA Nasrani 3 Medan tahun 2017. Untuk menguji signifikansi hubungan kedua variabel tersebut diuji dengan menggunakan uji t, dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 2,531 dan ttabel = 2,021 Karna  thitung > ttabel  (2,531 >2,021) dengan taraf signifikan 5% dan jumlah responden 40 orang, maka hal ini menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara pengelolaan kelas dengan  motivasi belajar PKn siswa kelas X tahun 2017.

Published
Jan 28, 2019
How to Cite
MANULLANG, Manahan. HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS DENGAN MOTIVASI BELAJAR PKn SISWA KELAS X SMA NASRANI 3 MEDAN TAHUN 2017. JURNAL PENELITIAN FISIKAWAN, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 20-25, jan. 2019. ISSN 2655-738X. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/101>. Date accessed: 22 nov. 2024.
Section
Articles