PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR SISWA KELAS X SEMESTER II SMA KEBANGSAAN MEDAN TP. 2019/2020

  • Ika Trisni Simangunsong Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning Berbasis Eksperimen terhadap hasil belajar fisika pada materi pokok suhu dan kalor lebih tinggi dibanding dengan kelompok siswa yang di ajar dengan model Direct Intructian siswa kelas X semester II SMA Kebangsaan Medan  TP. 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretes- postes, populasi dalam  penelitian  ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Kebangsaan Medan TP. 2019/2020 sebanyak 100 orang, dari 3 kelas. Penggambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling dengan memilih 2 kelas sebagai sampel dengan kelas X1 berjumlah 33 orang sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan model Problem Based Learning Berbasis Eksperimen dan kelas X3 berjumlah 33 orang sebagai kelas kontrol yang diajar dengan model Direct Intruction. Instrument yang digunakan adalah tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 5 option (a, b, c, d, e) yang telah diuji untuk menggetahui validitas, realibilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran. Hasil penelitian ini diperoleh nilai rata-rata pre-tes kelas eksperimen 40,75 dengan standart deviasi 9,93 dan nilai rata-rata pre-tes kelas kontrol diperoleh 36,81 dengan standart deviasi 9,25. Dari hasil uji t dua pihak diperoleh  thitung  = 1,71 dan ttabel  = 1,99 karena dengan demikian  thitung < ttabel maka dapat dinyatakan bahwa kemampuan awal kedua kelas sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda. Diakhir pembelajaran dilakukan post-tes dan diperoleh nilai rata-rata post-tes 72,42 dengan standart deviasi 11,46 dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata post-tes 63,48 dengan standart deviasi 9,72. Dari hasil uji t satu pihak diperoleh thitung  = 3,513 dan ttabel = 1,669 pada taraf signifikan α =0,05dengan dk 64. Karena thitung > t¬tabel, hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning Berbasis Eksperimen terhadap hasil belajar fisika pada materi pokok suhu dan kalor  siswa X Semester II SMA Kebangsaan Medan TP. 2019/2020

Published
Sep 1, 2021
How to Cite
SIMANGUNSONG, Ika Trisni. PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR SISWA KELAS X SEMESTER II SMA KEBANGSAAN MEDAN TP. 2019/2020. JURNAL PENELITIAN FISIKAWAN, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 26-30, sep. 2021. ISSN 2655-738X. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/1158>. Date accessed: 22 nov. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)