PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN PROJECT BASED LEARNING

  • IKA TRISNI SIMANGUNSONG Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar fisika dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learningdi kelas X SMA Yapim Taruna semester I T.P.2019/2020.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan motivasi dan hasil belajar pada subjek yaitu siswa. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Yapim Taruna..Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua siklus untuk mendapatkan peningkatan hasil belajar yang baik.Hasil penelitian diperoleh dengan hasil Uji Hipotesis menggunakan nilai Gain, peningkatan hasil belajar dari pretes ke postes siklus I adalah G= 0,42 dan masih dikategorikan dengan sedang, selanjutnya peningkatan hasil belajar siklus I ke siklus IIĀ  adalah G= 0,71 dan motivasi belajar siklus I ke siklus II adalah G= 0,70 dikategorikan tinggi. Ini menunjukkan adanya peningkatanĀ  motivasisertahasil belajar yang tinggi, serta adanya ketuntasan hasil belajar yang tercapai saat proses belajar dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning.

Published
Jan 19, 2021
How to Cite
SIMANGUNSONG, IKA TRISNI. PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN PROJECT BASED LEARNING. JURNAL PENELITIAN FISIKAWAN, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 22-25, jan. 2021. ISSN 2655-738X. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/871>. Date accessed: 21 nov. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)