PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL INQUIRY LEARNING BERBASIS KONSEP MERDEKA BELAJAR SISWA PADA MATERI POKO PENGUKURAN KELAS X SMK SWASTA HARAPAN MEKAR 1 MEDAN T.A. 2021/2022.

  • IRWAN SUSANTO Universitas Darma Agung
  • Foangeraigo Tafonao Universitas Darma Agung
  • Ika Trisni Simangunsong Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar fisika dengan model Inquiry Learning Berbasis Konsep Merdeka Belajar Siswa Kelas X SMK Swasta Harapan Mekar 1 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan keaktifan dan hasil belajar pada subjek yaitu siswa. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Harapan Mekar 1 Medan. Sampel yang diajar dengan menggunakan model Inquiry Learning berbasis konsep Merdeka belajar Pembelajaran adalah siswa kelas X TKR yang terdiri dari 25 siswa. Jenis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua silus untuk mendapatkan peningkatan hasil belajar yang baik. Instrumen dalam soal ini berjumlah 14 butir soal berbentuk pilihan ganda dengan option (a, b, c, dan d) yang telah diuji validitas, reabilitas, dan tingkat kesukaran tes. Hasil penelitian diperoleh dengan hasil Uji Hipotesis menggunakan nilai Gain, peningkatan hasil belajar dari ????̅ prasiklus = 29,00 ke ????̅ siklus I = 47,50 adalah, G = 0,26 dan dikategorikan rendah. Selanjutnya peningkatan hasil belajar ????̅ siklus I = 47,50 ke ????̅ siklus II = 87,83 adalah G = 0,82. Sedangkan peningkatan keaktifan belajar ????̅ siklus I pertemuan 1 = 42,69 ke ????̅ siklus I pertemuan 2 = 52,00 dengan  N-G pertama = 0,16 dikategorikan Rendah, kemudian peningkatakan keaaktifan belajar ????̅ siklus I pertemuan 1 = 42,69 ke ????̅ siklus II pertemuan 1 = 64,75 dengan N-Gain kedua = 0,38 dikategorikan Sedang, dan peningkatan keakatifan belajar ????̅ siklus I pertemuan 1 = 42,69 ke ????̅ siklus II pertemuan 2 = 85,69 dengan N-Gain ketiga = 0,75 diaktegorikan Tinggi.Hasil dari penelitian Ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar yang tinggi saat proses belajar dengan menggunakan model Inquiry Learning Berbasis Konsep Merdeka Belajar Siswa Kelas X SMK Swasta Harapan Mekar 1 Medan T.A. 2021/2022.

Published
Feb 28, 2022
How to Cite
SUSANTO, IRWAN; TAFONAO, Foangeraigo; SIMANGUNSONG, Ika Trisni. PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL INQUIRY LEARNING BERBASIS KONSEP MERDEKA BELAJAR SISWA PADA MATERI POKO PENGUKURAN KELAS X SMK SWASTA HARAPAN MEKAR 1 MEDAN T.A. 2021/2022.. JURNAL PENELITIAN FISIKAWAN, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 69-74, feb. 2022. ISSN 2655-738X. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/1353>. Date accessed: 22 dec. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>