PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN SFE DENGAN LANGSUNG TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PADA MATERI POKOK BESARAN DAN PENGUKURAN KELAS X SMA HARAPAN BARU T.P. 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan model pembelajaranSFE dengan pembelajaran langsung pada kemampuan pemecahan masalah fisika pada materi pokok besaran dan pengukuran kelas X SMA Harapan Baru T.P. 2017/2018. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Harapan Baru Medan T.P. 2017/2018 sebanyak 140siswa yang terdiri dari 4 kelas. Penggambilan sampel dilakukan secara acak dengan memilih 4 kelas sebagai sampel dengan kelas X-1 berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan model SFE dan juga ditetapkan kelas X-4 berjumlah35 siswa sebagai kelas control dengan model pembelajaran langsung. Instrument yang digunakan adalah tes dalam bentuk essaytest sebanyak 15 soal yang sebelumnya telah diujicobakan kekelas XI untuk melihat validitas soal, reabilitas, daya pembeda dan tingkatkesukaran. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes dan postes kelas penelitian berdistribusi normal dan homogen. Dari uji beda nilai pretes kedua kelas diperoleh Sig.(2-tiled)>α, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Untuk nilai postes, harga Sig.(2-tiled) <α yang berarti menolak Ho dan menerima Ha, yang berarti ada perbedaan yang signifikan model pembelajaran SFE dengan pembelajaran langsung pada kemampuan pemecahan masalah fisika pada materi pokok besaran dan pengukuran kelas X SMA Harapan Baru T.P. 2017/2018.