PENGARUH MODEL INQUIRY LEARNING BERBANTUAN KINEMASTER PADA PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI PENGUKURAN KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 1 PARLILITAN TP 2022/2023

  • Lasmida Lubis Universitas Darma Agung
  • Bertina Malau Universitas Darma Agung
  • Irwan Susanto Universitas Darma Agung
  • Jelita Panjaitan Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengeruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran inkuiri berbantuan kinemaster pada pemahaman konsep fisika siswa pada materi pokok pengukuran kelas X semester I SMA Negeri 1 Parlilitan T.P 2022/2023. Jenis penelitian ini yakni kuantitatif  eksperimen yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Parlilitan dengan populasi 2 kelas yang berjumlah 50 orang meliputi kelas X-1 memakai model pembelajaran langsung dan X-2 memakai model pembelajaran inkuiri berbantuan kinemaster. berlandaskan hasil uji statistika didapat t hitung= 2,91 dan t tabel= 1,676 pada taraf signifikansi α = 0,05. Sebab t hitung> t table hal ini memperlihatkan bahwasanya ada dampak yang signifikan dengan memakai model Inkuiry learning berbantuan kinemaster pada pemahaman konsep siswa SMA.

Published
Jun 19, 2023
How to Cite
LUBIS, Lasmida et al. PENGARUH MODEL INQUIRY LEARNING BERBANTUAN KINEMASTER PADA PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI PENGUKURAN KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 1 PARLILITAN TP 2022/2023. JURNAL PENELITIAN FISIKAWAN, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 48 - 60, june 2023. ISSN 2655-738X. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/3443>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalpenelitianfisikawan.v6i2.3443.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>