PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIA SMA PARULIAN 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024

  • Petianus Hulu Universitas Darma Agung
  • Darniati Giawa Universitas Darma Agung
  • Jelita Panjaitan Universitas Darma Agung
  • Irwan Susanto Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Canva Assisted Mission Based Learning Version terhadap hasil belajar Fisika siswa pada materi Pengukuran kelas X Semester I SMA Parulian 2 Medan Tahun Akademik 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA semester I SMA Parulian 2 Medan yang meliputi 2 mata pelajaran dengan jumlah 30 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Sampling Umum dimana jumlah sampel sama dengan jumlah populasi, sehingga sampel pada tes ini berubah menjadi 15 mahasiswa kelas X MIA 1 sebagai model eksperimental, yang diajarkan untuk menggunakan Canva. Usaha terbantu berdasarkan pembelian informasi model dan 15 mahasiswa kecanggihan X MIA 2. sebagai manipulasi kecantikan diajarkan dengan model pengenalan langsung dibantu dengan Canva. Perangkat penelitian menggunakan multiple-desire view at bersama dengan 14 item dengan lima pilihan (a, b, c, d, dan e) yang telah diuji terlebih dahulu untuk menentukan validitas, reliabilitas, tingkat kesulitan, dan pembedaan item. Sebelum memeriksa hipotesis, normalitas dan homogenitas catatan diperiksa terlebih dahulu. Hasil menunjukkan bahwa skor umum pretes untuk tes adalah 43,20 dengan simpangan lengkap 8,23 dan untuk yang biasa adalah empat puluh dua,75 dengan simpangan baku tujuh, enam puluh empat. Untuk kompetensi pendahuluan thitung = 0,329 dan ttabel = 2,05. menunjukkan bahwa thitung < ttabel, maka talenta awal kedua kelas adalah identik. Setelah mendapatkan pengetahuan tentang berakhir, kirim-ujian berubah menjadi selesai untuk kedua pelajaran dan biaya percobaan rata-rata berubah menjadi 80,79 dengan perbedaan rata-rata 8,68 sedangkan untuk keanggunan manipulasi biaya tes publikasi menjadi 72,67 dengan deviasi mutakhir 8,15. Berdasarkan uji homogenitas pre test diperoleh Fhitung = 1,162 bersamaan dengan Ftabel = 2,48. karena Fhitung (1,162) < Ftabel (2,empat puluh delapan), maka fakta penelitian pretest ternyata homogen, maka uji homogenitas publish-check diperoleh Fhitung = 1,213 bersamaan dengan Ftabel = 2,empat puluh delapan. karena Fhitung (1,213) < Ftabel (2,48) maka data penelitian postes homogen, kemudian uji statistik (uji t satu pihak) diperoleh thitung = 2,67 dan ttabel = 1,70 pada taraf signifikansi α = 0,05, dengan dk sebagai sebanyak 28. Karena thitung > ttabel, menjadi unik (2,67 > 1,70), ini menunjukkan bahwa mungkin ada efek yang sangat besar dari versi tugas berbasis pembelajaran berbasis Canva Assisted pada Fisika siswa memperoleh pengetahuan tentang hasil dalam masalah jalinan kecanggihan X Semester I ukuran kelebihan pribadi fakultas Parulian 2 Medan thn akademik 2023/2024.

Published
Feb 7, 2024
How to Cite
HULU, Petianus et al. PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIA SMA PARULIAN 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024. JURNAL PENELITIAN FISIKAWAN, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 10 – 16, feb. 2024. ISSN 2655-738X. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/4174>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalpenelitianfisikawan.v7i1.4174.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>