UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MELALUI METODE THE POWER OF TWO AND FOUR pada MATERI PENGUKURAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas penerapan metode The Power of Two and Four dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas II SDN 005 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN 005 Medan tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 12 orang dan penelitian berlangsung pada bulan April sampai Mei 2024. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan tes hasil belajar. Prosedur penelitian meliputi empat tahap utama: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan: Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa mencapai 55,4% dan pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan tingkat ketuntasan belajar klasikal menjadi 80,4%. Aktivitas belajar siswa juga meningkat dari rata-rata penyajian 55,4% pada siklus I menjadi 80,4% pada siklus II. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode The Power of Two and Four efektif meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas II di SDN 005 Medan.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.