PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMBELAJARAN SAINS MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA MATERIPOKOK SUHU DAN KALOR SISWA KELAS XI SEMESTER IDI SMA SWASTA GKPI PADANG BULAN MEDANT.P. 2022/2023

  • Syukurman Laia Universitas Darma Agung
  • Tuwinda Service Laia Universitas Darma Agung
  • Irwan Susanto Universitas Darma Agung
  • Alim Perangin Angin Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pembelajaran sains melalui model project based learning (PJBL) pada materi pokok suhu dan kalor siswa kelas XI semester I di SMA Swasta GKPI Padabg Bulan Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan pembelajaran sains pada subjek yaitu siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan. Sampel yang di ajar dengan menggunakan model project based learning dalam pembelajaran ialah siswa kelas XI-MIA yang terdiri dari 26 siswa Jenis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua siklus untuk mendapatkan peningkatan hasil belajar yang baik terhadap kemampuan pembelajaran sains. Instrumen dalam soal ini adalah tes dalam bentuk essay tes sebanyak 17 soal yang sebelumnya sudah di uji validitas, reabilitas, dan tingkat kesukaran tes. Hasil penelitian diperoleh dengan hasil Uji Hipotesis menggunakan nilai N-Gain. Peningkatan hasil belajar terhadap kemampuan pembelajaran sains dari  prasiklus = 54,04 ke  siklus I = 69,02 adalah G = 0,57 dikategorikan sedang. Selanjutnya peningkatan hasil belajar  prasiklus = 54,04 ke  siklus II = 86,85 adalah  G = 0,87 dikategorikan tinggi. Sedangkan peningkatan keaktifan belajar belajar  siklus I pertemuan 1 = 46,99 ke siklus I pertemuan 2 = 55,98 dengan N-Gain pertama = 0,17 dikateorikan rendah. Kemudain peningkatan keaktifan belajar  siklus I pertemaun 1= 46,99 ke  siklus II pertemuan 1 =80,88 dengan N-Gain  kedua = 0,70 dikategorikan sedang. Dan peningkatan keaktifan belajar  siklus I pertemuan 1 = 46,99 ke  siklus II pertemuan 2 = 93,63 dengan N-Gain ketiga = 0,97 dikategorikan tinggi. Hasil dari penenlitian ini menunjukan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar terhadap kemampuan pembelajaran sains yang tinggi selama proses belajar dengan menggunakan model project based learning pada materi pokok suhu dan kalor siswa kelas XI SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan T.P 2022/2023.

Published
Jun 19, 2023
How to Cite
LAIA, Syukurman et al. PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMBELAJARAN SAINS MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA MATERIPOKOK SUHU DAN KALOR SISWA KELAS XI SEMESTER IDI SMA SWASTA GKPI PADANG BULAN MEDANT.P. 2022/2023. JURNAL PENELITIAN FISIKAWAN, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 17 - 31, june 2023. ISSN 2655-738X. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/3441>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalpenelitianfisikawan.v6i2.3441.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>