ANALISIS KEBIJAKAN GURU BANTU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI KOTA SUMBULUSSALAM PROVINSI ACEH
Abstract
Sektor Pendidikan merupakan faktor yang sangat fundamental dalam pembangunan suatu bangsa khususnya pembangunan sumberdaya manusia (SDM). Hal ini ditegaskan dalam Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 45) yang mengamanatkan tentang pentingnya pendidikan bagi warga negara Indonesia. Klusul tersebut termaktup pada pasal 31 ayat 1 yang berbunyi bahwa pada hakekatnya setiap warga negara berhak dan wajib memperoleh pengajaran. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah a) Bagaimana implementasi (pelaksanaan) tentang Program Guru Bantu di Kota Sumbulussalam ? b) Bagaimana perumusan strategi yang akan
dilaksanakan Pemerintah Kota Sumbulussalam dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui kinerja Guru Bantu? Penelitian ini adalah bersifat qualitative. Hasil Evaluasi terhadap Kebijakan Pengadaan Guru adalah bahwa tujuan sudah sesuai yang diharapkan meskipun belum sepenuhnya tercapai, Akuntabilitas pengadaan Guru Bantu sudah di lakukan di Paripurna DPRD, Masukan yang di berikan adalah menambah Guru bantu untuk jenjang pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK) pada tahun berikutnya. Indikator dominan dalam peningkatan Kinerja Guru Bantu dalam rangka peningkatan Kualitas Pendidikan adalah Kualitas Kerja, Kecepatan/Ketepatan, daya tanggap dalam bekerja, ketrampilan, dan penyampaian pesan. Sehubungan dengan pencapaian hasil kerja yang baik untuk meningkatkan mutu kerja dengan adanya Perbaikan Kurikulum, tersusunnya Kebijakan Pendidikan, tersedianya Fasilitas Pendidikan serta berjalannya Aplikasi Teknologi, Informasi dan Komunikasi. Strategi yang ditempuh dalam meningkatkan kinerja guru bantu nntuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Sumbulussalam adalah mendukung Strategi Difersifikasi yaitu memanfaatkan Kekuatan dengan meminimalisasi Hambatan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Prointegrita agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).