PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN KARTU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

  • Radode Kristianto Simarmata Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Ayu Silalahi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Titin Nadapdap Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Indah Manurung Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Hotnida Lumbantoruan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Rasarmanto Haloho Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila di kelas IV SD Negeri 091254 Batu Onom, melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Observasi awal menunjukkan bahwa sebagian besar siswa belum mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) dengan nilai ≥66, yang disebabkan oleh aspek guru, siswa, dan lingkungan. Penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan dalam dua siklus dengan subjek 24 siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Make A Match, dengan rata-rata nilai siswa meningkat dari 61,1 menjadi 86,7, dan ketuntasan belajar naik dari 41,6% menjadi 96%. Model Make A Match terbukti efektif dalam meningkatkan partisipasi dan keaktifan siswa serta mengatasi kejenuhan dalam pembelajaran

Published
Dec 9, 2024
How to Cite
SIMARMATA, Radode Kristianto et al. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN KARTU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 45-55, dec. 2024. ISSN 2684-7973. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5035>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v6i1.5035.