PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TEHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI BARISAN DAN DERET DI SMA SWASTA TAMANSISWA PEMATANGSIANTAR

  • Rick Hunter Simanungkalit Univesitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Firman Pangaribuan Pendidikan Matematika, Fakutas Keguruan Dan Imu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Lolita Kristin Tampubolon Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk melihat Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Tehadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Matei Barisan dan Deet Di SMA Swasta Taman Siswa Pematangsiantar. Penelitian ini dilaksana di SMA Swasta Taman Siswa Pematangsiantar yang beralamatkan di Jalan Kartini No. 18, Kelurahan Banjar, Kecamatan Siantar Barat, Kota Pematangsianta. Popuasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Swasta Taman Siswa Pematangsiantar. Alasan peneliti memilih populasi dikarenakan pada kurikulum merdeka yang telah dilakukan disekolah materi barisan dan deret diajarkan pada kelas . Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi barisan dan deret di SMA Swasta Tamansiswa Pematangsiantar. Pengaruh tersebut ditunjukkan dari persamaan Y ̂=0,866+0,411X dengan nilai b=0,411. Dengan melalui uji-tmemperoleh  t_tabel>t_hitung=5,410>1,692 menunjukkan pengaruh yang signifikan dan koefisien determinasi menunjukkan terdapat pengaruh yang positif sebesar 47%.

Published
Jan 13, 2025
How to Cite
SIMANUNGKALIT, Rick Hunter; PANGARIBUAN, Firman; TAMPUBOLON, Lolita Kristin. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TEHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI BARISAN DAN DERET DI SMA SWASTA TAMANSISWA PEMATANGSIANTAR. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 4, n. 2, jan. 2025. ISSN 2684-7973. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5267>. Date accessed: 22 jan. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v4i2.5267.
Section
Articles