PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievement Division) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas Viii Di Smp Budi Luhur. Jenis penelitian yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Dalam penelitian eksperimen ada perlakuan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap kelas yang diteliti. Jenis metode eksperimen ini menggunakan Pre-Eksperimental Desaign dengan bentuk one shot case study.Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan model kooperatif tipe student teams achievement division terhadap kemapuankomunikasi matematis siswa pada materi spldv kelas VIII SMP Budi Luhur. Pengaruh itu ditunjukkan oleh persamaan regresi Y ̂= 1.703 + 0.597X. Pengaruh tersebut melalui uji-t, yaitu t_hitung>t_tabel = (13.784 > 2.048) atau p (Sig.) < 0.05 (0.000 < 0.005) maka H_0. Ditolak dan H_1diterima yang artinya terdapat pengaruh model student teams achievement division terdadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi spldv kelas VIII SMP Budi Luhur. Dan pengaruh variabel independen (model pembelajaran STAD) terhadap variabel dependen (kemampuan komunikasi matematis) adalah 87.2%.