PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI DETERMINAN MATRIKS DI KELAS XI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk Pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi determinan matriks di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pematangsiantar. Pada penelitian ini, jenis penelitian eksperimen yang peneliti gunakan adalah one-shot case study yaitu dimana eksperimen tersebut dilakukan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pematangsiantar yang beralamat di Jl. Parsoburan, Sukamaju, Kec. Siantar Marihat, Kota Pematangsiantar. Alasan peneliti memilih lokasi ini karena penelitian dengan judul yang peneliti angkat belum pernah dilaksanakan di sekolah tersebut. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Bersarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa hasil kajian penelitian yang relevan yang telah diseleksi berdasarkan kriteria yang telah ditentukan dan dihitung. Dari judul Pengaruh Model Pembelajaran Problem solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Determinan Matriks di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pematangsiantar Berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, sehingga model pembelajaran problem solving sangat cocok digunakan pada pembelajaran ini. Hal ini dapat dilihat dari uji hipotesis t yang menunjukkan bahwa nilai signifikansinya diperoleh sebesar 0,003 lebih kecil dari signifikasi 0,05 dan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem solving itu membuat siswa tidak mudah bosan, siswa semakin aktif dalam bertanya dan berdiskusi sesama kelompok yang lain.