PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE PAK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XII SMA SWASTA KRISTEN IMMANUEL MEDAN T. A 2022/2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran online PAK terhadap motivasi belajar siswa kelas XII SMA Swasta Kristen IMANUEL Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII dengan jumlah sampel 103 siswa, yang terdiri dari siswa beragama kristen protestan dengan jumlah sampel 33 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang terdiri 15 butir soal, dimana 10 butir soal pilihan jawaban (a, b, c, d) dan 5 esai. Angket yang sebelumnya telah diuji cobakan digunakan terlebih dahulu untuk mengetahui validitas dan reabilitasnya. Hasil uji persyaratan analisis diperoleh data berdistribusi normal dan linear diperoleh data media pembelajaran oline PAK dan data motivasi belajar siswa kelas kelas XII SMA Swasta Kristen IMANUEL Medan TA 2022/2023 berdidtribusi normal dan linear dan motivasi belajar siswa kelas XII dikategorikan sangat tinggi (35%). Berdasarkan uji korelasi dengan mengkonsultasikan terhadap nilai hitung = 8,33 dengan mengkonsultasikan terhadap tabel = 0,361. Karena hitung > tabel (8,33>0,361) maka hal ini menunjukan adanya pengaruh media pembelajaran online PAK terhadap motivasi belajar siswa kelas XII SMA Swasta Kristen IMANUEL Medan, untuk menguji taraf signifikan korelasi tersebut dilakukan dengan uji t pada taraf signifikan 5% thitung = 18,85 dan tabel = 5,42, karena hitung > tabel (18,85 > 5,42). Maka hal ini menunjukan ada pengaruh yang signifikan media pembelajaran online PAK terhadap motivasi belajar siswa kelas XII SMA Swasta Kristen IMANUEL Medan TA 2022/2023.