PENGARUH METODE TANYA JAWAB PAK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWAKELAS XI SMK SWASTA PARULIAN 2 MEDAN T.A 2022/2023
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara Metode Tanya Jawab PAK Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK Swasta Parulian 2 Medan T.A 2022/2023. Jenis Penelitian ini bentuk nya kuantitatif. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas XI SMK dengan Jumlah 102 siswa. Yang berasal dari siswa-siswi kelas XI TKJ yaitu siswa-siswi beragama Kristen Protestan dengan jumlah sampel 31 siswa. Instrument penelitian ini adalah menggunakan dokumen dan angket yang terdiri 30 item dengan pilihan jawaban (a,b,c,d). angket yang sebelumnya telah diuji cobakan digunakan terlebih dahulu untuk mengetahui validitas dan reabilitasnya.Hasil uji persyaratan analisis diperloleh data berdistribusi normalitas dan linear diperoleh data Metode Tanya Jawab dan data hasil belajar PAK Kelas XI SMK Swasta Parulian 2 Medan T.A 2022/2023 berdistribusi normal dan linear. Berdasarkan uji kecenderungan diperroleh Metode Tanya Jawab PAK Kategori Cukuip Tinggi (48,3%).dan hasil belajar PAK dikategorikan Tinggi (38,64%). berdasarkan uji kolerasi dengan mengkonsultasikan terhadap nilai = 12,65 dengan mengkonsultasi kan terhadap nilai 0,2913. karena > (`12,65> 0,2913) maka hal ini menunjukkan adanya Pengaruh Metode Tanya Jawab Terhadap Hasil belajar Siswa Kelas XI SMK Swasta parulian 2 Medan. Untuk menguji taraf signifikan kolerasi tersebut di laksanakan dengan uji t pada taraf sifgnifikan 5 % = 8,25 dan = 1,66. Karena > (8,25 > 1,66).maka hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan Metode Tanya Jawab PAK Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK Swasta Parulian 2 Medan T.A 2022/2023.