PERAN KOMUNIKASI ORGANISASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN DI PERUSAHAAN, CABANG PEKAN BARU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan pelaksanaan komunikasi organisasi dan gaya kepemimpinan terhadap loyalitas karyawan di Perusahaan Transport Cabang Pekan Baru di tahun 2018. Subjek penelitian adalah karyawan di kantor Cabang Pekan Baru sedangkan objek penelitian adalah Komunikasi Organisasi, Gaya Kepemimpinan dan Loyalitas Karyawan. Teori yang digunakan dalam penelitian meliputi teori komunikasi organisasi, gaya kepemimpinan transformasional, loyalitas karyawan, dan teori hubungan manusiawi yang dipergunakan sebagai pisau analisis dalam melihat permasalahan yang ada. Teknik pengumpulan data melalui penelitian di lapangan dengan menggunakan metode observasi dan wawancara mendalam dengan informan penelitian. Teknik Analisis Data menggunakan teknik pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa pelaksanaan komunikasi organisasi di Perusahaan Transport, Cabang Pekan Baru, belum efektif. Hal ini disebabkan ketidaksiapan dalam pengelolaan pesan-pesan komunikasi dalam organisasi yang masih mengutamakan penggunaan metode lisan. Demikain juga ditemukan tidak ada penguatan pesan atau pesan yang tidak bersifat jaringan sehingga pesan organisasi sering putus di tengah jalan. Gaya kepemimpinan yang dilaksanakan masih jauh dari gaya kepemimpinan transformasional. Loyalitas karyawan terlihat mengalami penurunan yang diakibatkan gaya kepemimpinan yang tidak mampu mempengaruhi bawahan untuk merasakan kepercayaan, kebanggaan, loyalitas dan rasa hormat terhadap atasan serta termotivasi untuk melakukan lebih dari apa yang diharapkan. Sebaiknya menjadi perhatian penting perusahaan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan komunikasi organisasi di perusahaan, dengan memilih pimpinan yang mampu melaksanakan komunikasi organisasi yang baik melalui gaya kepemimpinannya sehingga perusahaan tetap mendapatkan dukungan berupa loyalitas dari seluruh karyawan-karyawan potensial yang merupakan asset perusahaan demi perkembangan dan kelangsungan perusahaan itu sendiri.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).