LITERASI MEDIA DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PENGEMBANGAN DIRI MAHASISWA FISIPOL ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS DARMA AGUNG MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana literasi media digital dalam meningkatkan pengembangan diri mahasiswa FISIP Ilmu Komunikasi Universitas Darma Agung. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis yaitu Penelitian Kualitatif yakni suatu metode penelitian yang bertujuan untuk memahami dan mengeksplorasi fenomena pada obyek yang diteliti, sehingga memperoleh pemahaman yang mendalam. Penelitian ini mengambil 6 (enam) informan dari FISIP Ilmu Komunikasi yang terdiri dari Stambuk 2018-2022. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan teknik perekaman. Teknik wawancara yang digunakan adalah wawancara bebas terbimbing, yaitu dilakukan dengan mengajukan pertanyaan secara bebas namun tetap pada pedoman wawancara yang telah dibuat. Teknik observasi merupakan teknik pengumpulan data yang memiliki karakteristik khusus jika dibandingkan dengan teknik lainnya. Dokumentasi adalah proses pengumpulan, pemilihan, pengolahan, dan atau pengumpulan bukti dari keterangan seperti gambar, kutipan, dan bahan referensi lain. Teknik perekaman adalah sebagai alat pendukung wawancara terutama pada saat melaksanakan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh media sosial tidak hanya mengubah pengguna dari segi tingkah laku saja, akan tetapi juga psikologis dan perspektif mereka terhadap sesuatu yang disuguhkan, media sosial berpeluang besar digunakan sebagai alat penunjang produktivitas diri, media sosial memiliki keunggulan daripada media konvensional, dan lain sebagainya.