PERAN IKLAN DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN GENERASI MUDA UNTUK BERINVESTASI TABUNGAN EMAS DI PEGADAIAN CABANG PRINGGAN MEDAN

  • Yustina Manik Universitas Darma Agung
  • Aswan Jaya Universitas Darma Agung
  • Emmelia Arihta Ginting Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini menganalisis bagaimana iklan Tabungan Emas Pegadaian membangun kepercayaan generasi muda, khususnya milenial dan Gen-Z, untuk berinvestasi. Meskipun generasi muda semakin sadar pentingnya investasi di era digital saat ini, namun pemahaman dan tindakan mereka masih belum merata. Dengan metode kualitatif berupa wawancara dan observasi kepada nasabah dan karyawan Pegadaian Cabang Pringgan Medan di Pegadaian Cabang Pringgan Medan, ditemukan bahwa PT Pegadaian menggunakan iklan secara global, memanfaatkan berbagai media massa seperti website, media sosial, dan Google Ads, Youtube. Di tingkat cabang, Pegadaian Pringgan juga memanfaatkan media konvensional seperti poster, iklan elektronik berupa tayangan slideshow di cafe-nya, serta media diskusi berupa seminar langsung. Melalui penyampaian informasi yang jelas mengenai manfaat dan mekanisme investasi, iklan tidak hanya berfungsi sebagai alat promosi, tidak hanya meningkatkan kesadaran tentang produk, tetapi juga berhasil membangun kepercayaan generasi muda untuk berinvestasi di Tabungan Emas. Namun proses ini tidak bekerja instan, melainkan melalui beberapa tahapan proses. Yang mana tahapan proses ini dapat dijelaskan melalui teori model AIDDA (attention, interest, desire, decision, action). Meskipun demikian, penelitian ini juga menemukan beberapa kelemahan dalam strategi iklan yang digunakan.

Published
Oct 25, 2024
How to Cite
MANIK, Yustina; JAYA, Aswan; GINTING, Emmelia Arihta. PERAN IKLAN DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN GENERASI MUDA UNTUK BERINVESTASI TABUNGAN EMAS DI PEGADAIAN CABANG PRINGGAN MEDAN. JURNAL SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 166 – 177, oct. 2024. ISSN 2720-9822. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/socialopinion/article/view/4960>. Date accessed: 28 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/socialopinion.v8i2.4960.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)