HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL MAHASISWA DAN DOSEN DENGAN PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DI FISIP UDA
Abstract
Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi interpersonal mahasiswa dan dosen dengan peningkatan prestasi belajar mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial Dan ilmu Politik Universitas Darma Agung (Fisip UDA). Prestasi belajar yaitu output dari kegiatan proses belajar mengajar untuk mengevaluasi sejauh mana seseorang menguasai materi ataupun pembelajaran yang diterimanya dan membuktikan pencapaian orang tersebut. Untuk hasil yang optimal diperlukan komponen-komponen pendukung dalam proses pembelajaran seperti adanya hubungan antara dosen dan mahasiswa. Hubungan dosen dan mahasiswa pada saat belajar adalah hal yang paling penting yang mampu menjadikan suasana pembelajaran menjadi lebih aktif dan mahasiswa menjadi lebih kreatif, semangat untuk belajar dan dosen merasa nyaman ketika mengajar diruangan. Meningkat ataupun turunnya prestasi seorang mahasiswa adalah dampak dari faktor-faktor yang mempengaruhinya. Proses belajar mengajar di perguruan tinggi sangat memerlukan komunikasi yang efektif agar hubungan antara dosen dan mahasiswa harmonis, ketika hubungan tidak harmonis akan terlihat dari komunikasinya saat berinteraksi. Dalam hal ini komunikasi berperan agar manusia yang tidak tahu menjadi tahu tentang pengetahuan sebagai sumber ilmu pengetahuan. Pengetahuan mahasiswa dapat dilihat oleh prestasi belajar belajar dengan nilai indeks prestasi yang didapat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa koefisien korelasi (r) = 0,252, taraf signifikansi = 0,033 (P < 0,05) berarti bahwa ada hubungan yang signifikan antara komunikasi interpersonal mahasiswa dan dosen dengan prestasi belajar mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Darma Agung. Dengan demikian hipotesis pada penelitian ini diterima.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).