PENGARUH TAYANGAN YOUTUBE JEMIMA LIVIA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF REMAJA (Studi Kasus SMAN 1 Sitahuis Tapanuli Tengah)
Abstract
Perkembangan teknologi maupun media sosial semakin berkembang terutama di kaula muda atau remaja yang memberikan perkembangan terhadap style, makanan, gaya bicara, bahkan makeup dimana hal ini yang banyak menjebak kalangan remaja terjerumus kedalam perilaku konsumtif. Tujuan dari Penelitian ini yakni untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari tayangan Youtube Jemima Livia terhadap perilaku konsumtif remaja Siswi SMAN 1 Sitahuis kabupaten Tapanuli Tengah dengan menggunakan teori Lasswell dan menggunakan metode Penelitian kuantitatif dimana yang menjadi populasi yakni Siswi Perempuan SMAN 1 Sitahuis Kabupaten Tapanuli Tengah dengan jumlah populasi 64 siswi dengan mengambil 55 sampel dari hasil metode pengambilan sampel Probability sampling dengan Simple random sampling menggunakan sample error 5%. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode kuesioner/ angket dengan menyebarkan angket yang berisi pertanyaan kepada para siswi kelas X dan XI. Hasil Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa uji koefisien korelasi sebesar 0.754 sehingga Penelitian ini bersifat (+) satu arah dan memiliki hubungan yang kuat menurut tingkat korelasi skala Guildford. Jika variabel tayangan Youtube Jemima mendapat peningkatan satu poin, maka akan terjaadi peningkatan antara variabel perilaku konsumtif sebesar 0,937%. Berdasarkan uji t bahwa Nilai lebih besar dari (8.348 > 1.673) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga ditolak dan diterima. Artinya bahwa terdapat pengaruh dari tayangan Youtube Jemima Livia terhadap perilaku konsumtif remaja Siswi SMAN 1 Sitahuis Tapanuli Tengah.