HUBUNGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DENGAN BERPIKIR POSITIF SISWA KELAS VIII SMP SWASTA KARYA BHAKTI TAHUN AJARAN 2023/2024
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah banyak orang memikirkan hal yang tidak mungkin di jangkau oleh pikiran manusia serta menjalani hidupnya dengan Berpikir negatif saja tanpa menggunakan pikiran yang sehat yaitu pikiran yang positif. Orang yang berpikir negatif jiwanya akan gelisah, mudah putus asa, bahkan bisa mempengaruhi kejiwaan seseoarang. Hal itu terjadi karena pikiran negatif terkadang lebih kuat menguasai pikiran setiap orang, terutama siswa. Siswa masih labil dalam menghadapi dan mengambil keputusan sehingga pikiran negatif mudah merusak pikiran mereka. Namun dengan belajar Pendidikan Agama Kristen, siswa dapat mengerti apa itu sebenarnya Pendidikan Agama Kristen dan apa hubungannya terhadap cara/pola pikir siswa. Dengan melihat pada kenyataan yang ada, banyak peristiwa buruk yang terjadi akibat dari pikiran negatif, maka perlu diketahui betapa pentingnya Pendidikan Agama Kristen serta pentingnya memiliki pengetahuan alkitab yang luas. Tujuan Penelitian ini adalah 1.Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar Pendidikan Agama Kristen siswa Kelas VIII SMP Swasta Karya Bhakti MEDAN T.A 2023/2024 2.Untuk mengetahui berpikir positif siswa kelas VIII SMP Swasta Karya Bhakti MEDAN T.A 2023/2024. 3. Untuk mengetahui hubungan yang signifikan Pendidikan Agama Kristen terhadap berpikir Positif siswa kelas VIII SMP Swasta Karya Bhakti Medan T.A 2023/2024. Desain penelitian menggunakan penelitian kuantitatif sampel penelitian ini sebanyak 30. Hasil uji hipotesis yang menyatakan diterima (Ha diterima). Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dengan hasil rxy = 0,365. Jika dikonsultasikan dengan rtabel dengan taraf signifikan 5% rtabel = 0,361. Maka rhitung > rtabel yaitu 0,365>0,361.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).